Trik Memancing Ikan Blanak

Mungkin sebagian orang gak pernah dengar nama ikan ini karena faktor beda bahasa dan beda penyebutan untuk inkan jenis ini.

sedikit akan saya jelaskan mengenai ciri2 ikan ini:
1. dia berupa ikan ha ha ha ha ya jelas lah ikan namanya juga ikan kok
2. ada di peraiaran air asin (laut)
3. sering berada di pinggiran seperti dermaga dan sejenisnya
4. berwarna putih silau-silau
5. berbadan besar (kira2 dari pergelangan tangan sampai siku orang dewasa)
6. berkelompok membentuk formasi 4 3 3 ha ha ha (kayak main sepak bola aja ni)
7. memiliki mulut kecil
8. kalau diperhatikan ikan ini sepertinya memakan lumut yang ada di tiang dan pinggiran dermaga atau bendungan bendungan pinggir laun
9. rasanya enak (kalau sudah digoreng tentunya)
10. apa ya.........? habis kayaknya 

lanjut dengan caranya sekarang
1. siapkan pancing terlebih dahulu dengan tali yang kecil saja karena mulutnya kecil (nanti di       bahas di penjelasan paling bawah)

2. pasang mata kail sebanyak-banyaknya sepanjang benang kail (biasanya saya menggunakan   sekitar 10 mata kail sedang.(kenapa sedang akan dibahas dibawah)
perhatikan gambar berikut ini unutk mata kail dan pemasangan pemberat

pemberat pada ujung seperti gambar adalah untuk mempermudah melempar.
3. lakukan peletakan mata pancing seperti gambar diatas dengan jarak antara mata pancing sejauh 30cm atau sesuai selera (pastikan ada ruang untuk ikan lewat antara mata pancing)
4. Lempar Pancing ke air sehingga antara anda dan pancing membentuk posisi segitiga (biasanya memancing di pinggiran tebing pinggir laut), lihat gambar berikut ini

5. Memancing jenis ini gak perlu pakai umpan segala, yang penting jebakan, tunggu sampai ikan lewat karena ikan lewat dalam bentuk kelompok dengan kecepatan sangat rendah.
selama bergerak, ikan membuka dan menutup mulutnya terus menerus sehingga keberuntungan kita jika ikan menyeret tali pancing kita dengan mulutnya,itu sebabnya saya katankan jangan menggunakan tali yang besar, setelah itu tindakan kita adalah menyentak agar tersangkut oleh mata kail.
perhatikan gambar jika terjadi tabrakan antara mulut dan tali pancing.


6. berikutnya adalah menarik saja dan kemungkinan akan mendapatkan lebih dari 1 karena saya pernah bendapat 2 sekali tarik. 

catatan peringatan
1. mulut ikan ini kecil jadi gunakan tali kecil, jika ikan merasakan ada tali besar di mulutnya maka dia akan langsung berbalik arah dan kabur (sesuai pengalaman)
2. mata pancing boleh terserah akan tetapi peletakannya memberi ruang ikan untuk lewat
3. tariklah keras pada awal dan berikutnya jangan kencang tp pelan saja dan terus menerus agar tali kecil kita tidak putus
4.  pastikan tali sudah di bawa sehingga membentuk gambar seperti diatas baru tarik, ini meyakinkan bahwa ikan telah berada pada target jebakan.

mungkin cukup sampai disini uraian penaglaman saya
semoga bermanfaat. 
salam anak pulau....... :-)

2 comments:

  1. boleh sharing nggak mas
    saya juga pernah memancing blanak di daerah muara pantai depok jogjakarta, dengan menggunakan pancing jenis tempurung, yang di kasih umpan, dalam tempurung yang berbentuk kancing itu saya kasih 8 kail ukuran 5, dan bisa dapat. sekedar sharing trik memancing blanak dengan umpan pelet.

    ReplyDelete
  2. sip........terikasih banyak ats sharingnya.... bagi anak pulau wajib dicoba tu...tp sekarang sedang merantau. mungkin waktu balik bisa langsung coba he he he he... thanks

    ReplyDelete

Pages